Bagaimana Memulai Dalam Desain UX / UI

ui ux persentase

Tahun lalu saya memutuskan bahwa saya ingin masuk ke bidang desain dan menjadi Desainer UX / UI. Sebagai seseorang yang berasal dari latar belakang pendidikan di bidang Ilmu Komputer dan Keuangan dan pekerjaan sebelumnya sebagai seorang Bankir Investasi, saya bertanya-tanya bagaimana saya akan dapat mengubah karier sepenuhnya!
Di bawah ini adalah hal-hal yang telah saya lakukan / lakukan sekarang yang benar-benar membantu saya dalam perjalanan saya untuk menjadi Desainer UX / UI.

 

Teliti apa itu UX dan Desain UI dan lihat apakah itu yang benar-benar ingin Anda lakukan

Saya pribadi berpikir bahwa menjadi Desainer UX atau UI adalah karir yang hebat, tetapi sebelum Anda menghabiskan berjam-jam usaha dan mungkin uang, luangkan waktu untuk meneliti apa yang dilakukan Desainer UX dan UI, apa perbedaan di antara mereka, dll. Untuk melihat apakah itulah yang membuat Anda tertarik untuk berkomitmen.

Cari tahu keterampilan / kekuatan apa yang sudah Anda miliki dan bagaimana itu dapat berperan dalam Desain UX dan UI

Bahkan jika Anda berasal dari latar belakang yang sama sekali berbeda (seperti saya), Anda mungkin sudah memiliki beberapa keterampilan yang akan diterjemahkan ke dalam Desain UX / UI. Misalnya, apakah Anda suka berpikir tentang bagaimana hal-hal di sekitar Anda dapat ditingkatkan? Apakah Anda suka menggambar atau mengambil foto? Apakah Anda seorang jenius data dan analisis?

ui ux perbandingan


Semua keterampilan atau hobi ini dapat membawa sesuatu yang akan membantu Anda sebagai Desainer UX / UI, jadi jangan abaikan pengalaman dan pendidikan Anda di masa lalu hanya karena itu tidak terkait langsung!

Buat rencana untuk belajar dasar-dasar desain

Meskipun Anda tidak perlu kembali ke sekolah dan menghabiskan banyak uang dan waktu untuk mendapatkan gelar formal, saya merekomendasikan untuk membuat semacam rencana untuk mempelajari hal-hal seperti: proses desain, alat dan hasil yang berbeda, keterampilan seperti wireframing dan prototyping, dll.
Bagi Anda yang merupakan perencana hebat dan sangat memotivasi diri sendiri, Anda dapat membuat konten sendiri dari seluruh web dan mempelajari semuanya sendiri. Beberapa sumber video yang bagus adalah situs-situs seperti Lynda dan Coursera.

Pilihan lain adalah mendaftar di bootcamp UX (ini yang saya lakukan). Jika Anda beruntung dan tinggal di kota besar seperti San Francisco atau Kota New York, opsi yang populer adalah Majelis Umum.

Bagi Anda yang tinggal di kota kecil, atau di tengah-tengah dari mana, ada beberapa bootcamp online yang menawarkan pengalaman belajar yang luar biasa. Dua yang awalnya saya lihat adalah UX Academy DesignLab dan Kursus Desain UX Career Foundry.

Saya akhirnya memilih UX Academy DesignLab berdasarkan penelitian menyeluruh tentang isi kursus dan banyak ulasan yang mengoceh tentang mentor dan staf di DesignLab. Saya belajar melalui DesignLab selama 20 jam / minggu selama rentang 6 bulan. Program ini terdiri dari pelajaran di mana Anda belajar tentang dasar-dasar desain, dan proyek langsung di mana Anda bisa belajar sambil bekerja.

Melakukan proyek

Baik Anda mengikuti kursus atau belajar sendiri, pastikan untuk melakukan sebanyak mungkin proyek (Anda akan membutuhkannya untuk portofolio Anda). Cara termudah untuk menghasilkan ide proyek adalah dengan melihat sekeliling Anda dan melihat apa yang dapat Anda tingkatkan. Apakah ada situs web atau aplikasi yang Anda sukai, tetapi menurut Anda perlu beberapa perbaikan? Ubah menjadi proyek dan lalui seluruh proses desain untuk mendapatkan praktik yang baik!
Untuk salah satu proyek saya, saya membuat desain untuk aplikasi seluler injeksi alergi. Saya mendapat ide untuk ini ketika saya sedang duduk di klinik menunggu injeksi saya dan mendengar orang-orang mengeluh tentang bagaimana mereka selalu lupa untuk datang untuk injeksi mereka.

Jika Anda mampu, saya sangat merekomendasikan mencari peluang untuk berkolaborasi dengan desainer atau pengembang lain, karena ini adalah keterampilan yang hebat untuk dimiliki ketika Anda sedang mencari pekerjaan.

Praktek desain

Terlepas dari proyek, praktikkan desain kapan pun Anda bisa! Terus menggunakan dan mempelajari alat-alat baru seperti Sketch, Adobe Photoshop, dan Adobe Illustrator. Temukan beberapa tutorial tentang TutsPlus dan buat beberapa hal keren dan imut untuk dipraktikkan. Hal hebat lain yang harus dilakukan adalah 100 Hari UI.
Jika Anda punya waktu, saya juga merekomendasikan untuk membiasakan diri dengan bahasa pemrograman front-end, yang berarti HTML, CSS, dan JavaScript. Tidak ada salahnya untuk mengetahui ini.

Buat portofolio

Jika Anda berencana menemukan pekerjaan atau melakukan pekerjaan apa pun yang berhubungan dengan desain, Anda akan membutuhkan portofolio tempat Anda menampilkan proyek yang telah Anda kerjakan dan perkenalkan diri Anda.

Jika Anda benar-benar fokus pada UX, maka Anda dapat pergi dengan portofolio sederhana dan polos yang berfokus pada pekerjaan dan proses desain Anda. Jika Anda ingin masuk ke kerja UI sama sekali, saya sarankan meluangkan waktu untuk membangun merek pribadi Anda dan memastikan semuanya terlihat hebat.

Untuk portofolio saya, saya menggunakan Webflow dengan tema Valentino, yang sedikit saya modifikasi. Jika Anda terbiasa dengan HTML dan CSS, saya sangat merekomendasikan Webflow karena menawarkan lebih banyak penyesuaian daripada situs lain seperti Squarespace atau Wix.